ஜ۩۞۩ஜஜ۩۞۩ஜஜ۩۞۩ஜஜ۩۞۩ஜஜ۩۞۩ஜஜ۩۞۩ஜ

I Love My Religon, My Family, and My Girl


ஜ۩۞۩ஜஜ۩۞۩ஜஜ۩۞۩ஜஜ۩۞۩ஜஜ۩۞۩ஜஜ۩۞۩ஜ

PSIKOtest

Pernah dengar istilah "psikotest"??? Wah..pastinya hampir semua makhluk yang namanya manusia dah sering berhubungan dengan kosakata yang satu ini. Kecuali untuk mereka yang hidup di jaman tempo doeloe (bukan bermaksud tuk merendahkan, tapi memang seperti itu adanya :)).
Yups.. that's right!! Emang psikotest erat sekali hubungannya dengan yang namanya kerja (adik berkakak gitu). Tes ini sebenarnya bertujuan untuk mencari karyawan yang tepat di bidang yang diinginkan sang pemberi lowongan kerja (perusahaan). Melalui psikotes perusahaan akan melihat seberapa kuat karakter dan kelemahan calon pelamar serta tepat tidaknya orang itu mengisi posisi yang ditawarkan (kayak di pasar aja ada tawar menawar :O).
Nah, biar ga bingung dan takut serta cemas yang berlebihan waktu menghadapi yang namanya psikotes ada beberapa tips yang saya rangkumkan dari beberapa sumber ternama dan terkenal di seluruh penjuru dunia (wuii..sampai segitunya).
1. Istirahat
Usahakan sebelum hari H-nya tubuh kita terasa fit alias kita sudah istirahat yang cukup, biar ga tegang pas ngadapin dan ngerjain tesnya.
2. Sering-sering berlatih
Nah sebelum kita benar-benar berhadapan dengan tesnya, sering-sering berlatih merupakan salah satu strategi jitu karena prinsipnya semakin banyak berlatih, otak dan tangan makin terlatih dalam menghitung dan mengasosiakan kata.
3. Tidak ada kata terlambat
Wah.. yang ini pastinya jangan sampai terjadi. Haram hukumnya!!! Makanya, pastikan kita sudah mengetahu dengan pasti tempat test biar ga terlambat sampai di lokasi.
4. Bawa peralatan lengkap
Biarpun ga diminta tuk membawa peralatan sendiri (seperti balpoint dan teman-temannya), sebaiknya tetap dibawa buat jaga-jaga kalau aja peralatan yang disediakan terbatas.
5. Berdoa :y
Ehm.. yang ini jangan samapai lupa. Berdoa bisa memberikan kita rasa tenang.

Uhh.. udah hari H-nya. pastinya jantung akan ikut-ikutan berdebar. Tapi tenang, masih ada kok trik-trik pas ngadapin hari H-nya.
1.Teliti donk
Pada setiap lembar jawaban, biasanya kita diminta untuk mengisi nama, tanggal dan sebagainya. Begitu diperbolehkan , jangan menunda-nunda untuk mengisinya. Isi sesuai dengan yang diminta ya...
2. Ikuti peraturan eh petunjuk
Melanjutkan kisah di atas (trik no. 1), dengarkan baik-baik setiap arahan dari pengawas tes dan ikuti semua petunjuknya, termasuk juga petunjuk di setiap soal tes. Jangan langsung mengisi atau menjawab tanpa terlebih dahulu memperhatikan cara pengisiannya.
3. Jangan sungkan tuk bertanya
Kalau ada hal yang masih belum dimengerti atau bikin ragu-ragu, jangan sungkan tuk bertanya ke pengawas. Jangan bertanya kepada sesama peserta daripada dikira yang macam-macam. :p
4. Jangan bohong
Ini menyangkut soal-soal tentang kepribadian, jangan sampai berbohong waktu mengisinya. JUJURLAH!!
5. Skip and Back
Maksudnya kalau ada pertanyaan yang masih belum bisa dijawab, lanjutkan aja ke pertanyaan berikutnya. Bila masih ada waktu yang tersisa, jangan lupa tuk kembali menjawab perntayaan yang dilewatkan tadi. Usahakan tidak ada lembar jawaban yang tidak di isi.
6. Tenang
Jangan biarkan diri panik agar tidak merusak konsentrasi. Rasa panik hanya akan dapat membuat kemampuan menjawab pertanyaan terganggu.
7. Tes logika
Tes ini memiliki karakter sangat akuarat, tepat, dan jauh dari sifat relatif. Biasanya tes berbentuk hubungan kata, tes deret (angka dan huruf) dan tes logika. Kita diminta menemukan "alasan logis" dari jawaban yang telah disediakan. Karena tes ini sifatnya mutlak, sebaiknya kita lebih berhati-hati dalam memilih jawaban yang tepat. Ingat, soal sederhana terkadang menjebak!! :t
8. Tes matematika
Pastinya tes ini berhubungan dengan hitung-hitungan. Di bagian ini kita dituntut dapat menghitung dengan akurat dan cepat. Soal yang sering muncul biasanya perpaduan antara matematika dan logika. Ketelitian sangat dibutuhkan karena perbedaan antara jawaban satu dengan lainnya sangat tipis.
9. Tes membaca
Hindari pembacaan berulang saat menghadapi tes ini. Berikan tanda khusus pada poin-poin yang diprediksi sebagai bagian penting dari bacaan. Pola tes ini biasanya berupa bacaan dan menuntut kita memahami sebuah bacaan dengan waktu singkat dan hasil akurat.
10. Pengetahuan umum
Pola tes ini berupa cakupan berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang besar dan terkenal, sepele dan lucu, dari yang paling sederhana sampai yang paling rumit. Tujuannya, mengetahui tingkat keluasan dan ingatan terhadap beragam ilmu pengetahuan. Bentuknya tanya jawab dengan pilihan jawaban yang sudah disediakan. Untuk menyiasatinya, banyak membaca dan mengikuti perkembangan berita baik lewat media cetak maupun elektronik.

Nah.. gitu aja kira-kira triknya. Semoga sukses!!!
Ada yang lain?? Silahkan ditambahkan.. :D

Jangan Lewatkan Yang Ini:



Comments :

0 komentar to “PSIKOtest”

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar